Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS Dinas PUPR Kabupaten Tegal Tahun 2022

Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS Dinas PUPR Kabupaten Tegal Tahun 2022

Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS Dinas PUPR Kabupaten Tegal Tahun 2022 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari oleh Dinas PUPR Kabupaten Tegal pada Hari Rabu s/d Kamis Tanggal 8 s/d 9 Juni 2022 dengan mengambil tempat di Ruang Pertemuan Rumah Makan New Edna Slawi Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Acara tersebut diikuti oleh 50 (lima puluh) Orang Peserta yang terdiri dari ASN di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Tegal dan Konsultan Perencana.

LATAR BELAKANG

Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) digunakan sebagai suatu dasar untuk menyusun perhitungan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Harga Perkiraan Perencana (HPP) yang dituangkan sebagai kumpulan harga satuan pekerjaan seluruh mata pembayaran. Analisa harga tersebut digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan sumber daya seperti bahan material, upah tenaga kerja maupun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Maka dari itu memperkirakan berapa jumlah biaya yang dihabiskan dalam pelaksanaan proyek konstruksi sangatlah penting.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Untuk memberikan informasi dan pedoman yang berkaitan dengan penyusunan AHSP yang sesuai dengan peraturan terbaru.
  2. Meningkatkan Pelaksanaan Estimasi Biaya Konstruski.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tegal menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

(Isi sambutan Kepala DPUPR Kabupaten Tegal pada acara Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS) :

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak Narasumber

Yang kami hormati Kepala Bidang Jasa Konstruksi dan sub koordinator serta para peserta Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, pertama-tama marilah senantiasa kita memanjatkan puji syukur Kehadirat Allah SWT karena atas Nikmat dan Karunia-Nya sehingga kita dapat menghadiri acara Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS ini bertujuan untuk mamperbaharui wawasan Penyusunan AHSP dan HPS yang terbaru yaitu yang sesuai dengan Peraturan Mentri PUPR Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pada kesempatan ini kami mengharapkan kepada masing-masing peserta Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan sugguh-sungguh. Peserta diharapkan mampu mengetahui tentang Analisis Penyusunan Harga Satuan (AHSP), Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan menyusun Rancangan Anggaran Biaya sehingga dapat meningkatkan Pelaksanaan Estimasi Biaya Konstruksi berdasarkan Peraturan Mentri Nomor 1 tahun 2022.

Kepada para pemberi materi kami harapkan agar memberikan materi pelatihan dengan metode dan Bahasa yang mudah dipahami oleh para peserta. Agar seluruh materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta sehingga tujuan dari Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS mencapai hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan ini, saya Kepala DPUPR Kab. Tegal dan atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal mengucapkan terimakasih atas semua bantuan narasumber. Semoga kerjasama ini bisa berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua. Sehingga semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Amiin

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahim Pelatihan Penyusunan AHSP dan HPS Tahun 2022 secara resmi kami nyatakan dibuka.

Demikian terimakasih atas perhatiannya 

Wassalamualaikum Wr. Wb.